Minggu, 06 November 2011

Egalitarianisme

Nah lo apaan tuch egalitarianisme?? Biar lo lo pada pinteran dikit gw kasih tau ni kata berasal dari bahasa Prancis= égal yang berarti "sama"
Dalam pengertian doktrin Egalitas ini mempertahankan bahwa pada hakikatnya semua orang manusia adalah sama dalam status nilai atau moral secara fundamental (fundamental apaan lagi? gw jg ga mudeng hahaa..) Jadi egalitarianisme kira-kira kecenderungan cara berpikir bahwa penikmatan atas kesetaraan dari beberapa macam premis umum misalkan bahwa seseorang harus diperlakukan dan mendapatkan perlakuan yang sama pada dimensi seperti agama, politik, ekonomi, sosial, atau budaya. (inget! ini cuma kira-kira lho..^^)

Dengan jalan (by the way..) tau ga sekarang hari apa?

Yo, hari ini diperingati peristiwa kurban, yaitu ketika nabi Ibrahim, yang bersedia untuk mengorbankan putranya Ismail untuk Allah, yang kemudian digantikan oleh-Nya dengan domba. 
Sebagai makhluk unyu ciptaan Tuhan, gw sempet sedikit memaknai kurban.. ga sekedar kurban potong bebek angsa di kuali, ato beleh sapi, kambing, unta, ato pergi haji sambil pelesir. Ibadah haji ternyata merupakan ibadah yang mengajarkan sikap egalitarianisme ke sesama umat manusia.. Liat aja ketika jutaan umat islam beribadah di tanah suci maka segala status keduniaan ditinggalkan: kaya, miskin, pejabat, rakyat, bahkan kulit hitan , kulit putih semuanya sama..

Adanya studi yang menunjukkan bahwa kesenjangan sosial sebagai penyebabkan adanya banyak masalah sosial. Sebuah studi komprehensif (nah lo, apaan lagi komprehensif?) ekonomi utama dunia bahkan mengungkapkan adanya hubungan antara ketimpangan sosial seperti masalah pembunuhan, kematian bayi, obesitas, kehamilan remaja, depresi emosional dan populasi sampai pada pemenjaraan. oleh karena itu egalitarianisme merupakan subjek utama yang merujuk pada politik. (Wah, tambah ga mudeng, malah sampe politik segala..) 

Umm...............................................
Dari pada bahasa gw makin ancur n isinya tambah ga jelas gw udahin aja,. 
Di hari kurban ini gw merasa bersyukur, gw kagak termasuk (maaf) binatang yang boleh disembelih.. lagian gw jg tinggal dikit, nyaris punah euy temen-temen sebangsa gw, maka sayangilah gw hahaa..
wat temen-temen bangsa sebelah, selamat jalan teman! semoga cara motong lo-lo pada bener. Kabulkan doa Baim ya Alloh. Amin..
Salam tengil#Siamang
                          ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬
SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA, MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN
                          ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬




Tidak ada komentar:

Posting Komentar