Senin, 21 November 2011

Pohon

Ketemu sama tanggal 21 November lagi.. (serasa ketemu sama temen lama yang udh setaon ga jumpa, kangen-kangenan, salaman, cipika cipiki, gosip sana sini sebentar,. sama tanggalan pastinya hadeh (>.<"))
Tau kenapa tanggal 21 November gw bahas di coretan gw?? ni tanggal ga sembarang tanggal, seluruh dunia ngerayain cuy, cuma klo gw amat-amati di Negara kita tercinta (gini-gini gw cinta ama NKRI, walaupun sering menduain ato mentigainnya heheheh..) gregetnya kurang untuk sekedar cuma ngerayain ato nyambut nie hari..

Yo, HARI POHON Se-Dunia..

Nah, lo.. kalo dipikir-pikir kenapa sampe ada hari Pohon se-Dunia???
Misal banyak diantara lo pada yang bertanya-tanya (jiah, kayak nyasar aja bertanya-tanya)  kenapa sampai ada “Hari Pohon” , Penting? (with pose sok oke)

Ngomongin pohon identik dengan pelestarian lingkungan. Bumi  semakin hot akibat global warming. Ga tau pasti sich umur bumi berapa, yang pasti Bumi ini semakin tua, rapuh, dan bakal hancur akibat tingkah polah manusia yang disadari atau tidak telah melakukan pengrusakan alam, mulai dari tindak illegal loging, polusi asap kendaraan bermotor, pemakaian alat-alat elektronik yang ‘over’ dan sebagainya.   

Cara gampang untuk mengurangi pemanasan global akibat dari efek gas rumah kaca misal dengan menanam pohon di sekitar rumah (berhubung hutan tempet gw tinggal dulu kena gusur illegal loging, sekarang gw tinggal di rumah ^_^). Kenapa pohon? Ngomongin ilmiah, pohon merupakan penghasil oksigen. Siang hari, pohon mengeluarkan O2 (oksigen) dan menyerap CO2 (karbondioksida). Setiap kali bernafas, kita menghembuskan CO2 dan menyerap O2. 

Lagi-lagi pohon, juga bisa mencegah banjir dan longsor. Lewat akar-akarnya, pohon menyerap air  hujan. Pohon juga berperan melawan pencemaran udara cuy dengan menyerap polusi yang ada di sekitarnya. Terkait global warming, pohon-pohon yang bertebaran di dunia memengaruhi suhu udara. Apabila pohon berkurang, maka suhu di bumi akan panas akibat penggundulan hutan. Cuaca panas akan mencairkan es di kutub utara, sebagai dampaknya permukaan laut akan naik dan menimbulkan banjir di mana-mana. Nah lo, negara kita tercinta bahkan ibukotanya termasuk pelanggan tetap to..

Umm, memperingati Hari Pohon se-Dunia ayo menanam pohon. Kalo ga bisa, gw kagak maksa rawat aja pohon yang udah ada and jangan merusak pohon yang udah ada. 
Jadikan Hari Pohon Sedunia sebagai langkah awal untuk lebih mencintai pohon, karena dengan mencintai pohon sama dengan mencintai alam. Mencintai gw juga bisa hehee..


Salam tengil
#Siamang


2 komentar:

  1. wah baru tahu pohon ada harinya....

    eh salam kenal ya...
    ijin follow....
    follow balik ya..
    kita temenan...
    :)
    jangan salah ya kalo klik join/follownya,,tolong yg di kotak dengan judul sahabat...
    :)

    BalasHapus
  2. um.. kemana aja? sekarang udh tau kn pohon jg ada harinya hihii

    yup salam kenal, mari berkawan :D

    BalasHapus