Senin, 26 Desember 2011

Kathoey Thailand..

Um.. tadi  gw ketemu banci lampu merah.. Nggak gw perhatiin, selain males agak takut gw liatnya.
Pengalaman, gw pernah dipelototin banci. Gak tau kenapa gw yang makhluk unyu ini yang waktu itu keluar dengan dandanan sederhana ala laki begitu dibenci sama banci.. Arrrrrgh...................
Positif thingking: paling tu banci sirik ma gw secara gw cewek cakep gak kalah ganteng ama Tom Cruise, sementara dirinya cowok wajah kurang oke coba dandan ala cewek, maksimal menor.. 

Cantik sih cantik tapi serem hehe.. Tau sendiri kan banci negara kita gimana, kekar-kekar bo..
Ummmm.. ngomongin banci, paling enak ya ngomongin banci Thailand.. Beda dengan banci negara kita, banci Thailand jauh dari kata sangar, bodi sexy gila, wajah juga cantik-cantik banget, kulit cemerlang blink2, artis cewek kita yang cantik-cantik kalah dech (gimana bisa menang lawannya aja bukan cewek :P) kalo kata Deminan, banci Thailand itu "sempurna"...



Gambar diatas menurut lo perempuan tulen? Jangan terkecoh. Ini Nong Poy, kathoey alias ladyboy alias banci top Thailand. Kathoey cantik ini adalah pemenang Miss Tiffany 2004, kontes kecantikan untuk para kathoey. Nong Poy, karena keelokan paras dan tubuhnya, sekarang mewakili citra perusahaan telepon seluler G-Net dan sering tampil dalam berbagai acara televisi, dan juga berperan sebagai perempuan dalam sejumlah film. Um.. gw peringati para pejantan kalo jalan ke Thailand  ati-ati, bisa aja lo naksir seorang kathoey :3

Kathoey or katoey (กะเทย) adalah laki-laki yang mengidentifikasikan diri, berpakaian, dan berperilaku serta bertubuh perempuan. Yang dimaksud bertubuh perempuan bisa saja sepenuhnya bertubuh perempuan, dan bisa saja berpayudara tapi tetap beralat kelamin pria. Dalam budaya Thailand, kathoey juga dikenal dengan istilah phuying praphet song (jenis perempuan kedua) atau phet thi sam (jenis kelamin ketiga). Mereka bisa tampil seperti perempuan juga atas bantuan medis seperi pembesaran payudara, penggelembungan pantat, dan semacamnya.

Tak seperti posisi kaum transgender (banci) di budaya lain, dalam tatanan budaya Thailand, kaum transgender mendapat tingkat penerimaan dan keleluasaan sosial yang tinggi, berkat hidupnya nilai-nilai toleransi di seputaran budaya Buddhist. Dengan mengacu pada konsep Karma, budaya Thai percaya bahwa menjadi seorang kathoey merupakan hasil dari transgresi kehidupan manusia di masa lampau yang menyiratkan bahwa para kathoey justru harus dikasihani, bukannya dipersalahkan.

Memang tak ada pengakuan secara hukum untuk para kathoey di Thailand, bahkan bila seorang kathoey telah menjalani operasi ganti kelamin sekalipun. Di KTP, jenis kelamin mereka masih tertulis ‘laki-laki;’ dan bila seorang kathoey harus masuk bui, ia dijebloskan ke penjara laki-laki.

Soal peran sosial lebih jauh, banyak kathoey sukses di bidang pekerjaan dan mampu dengan baik menyokong biaya hidup sehari-hari dengan pasangannya (pria tulen).

Para kathoey bekerja di bidang jasa kecantikan, jasa wisata, restoran, dan hiburan. Pelancong yang berkunjung ke pantai Pattaya pasti tak akan melewatkan tontonan Kabaret kathoey. Sejumlah kathoey telah pula mencapai popularitas yang sulit dicapai perempuan lainnya.

Salah satu kisah kathoey: Parinya Kiatbusaba atau Parinya Jaroenphon (kelahiran 9 Juni 1981), yang lebih dikenal dengan nama Nong Thoom, Nong Toom atau Nong Tum. Nong Tum tak pelak lagi adalah kathoey paling top di Thailand. Ia pernah menjadi juara Muay Thai (Thai boxing) champion dan pernah pula bekerja sebagai model dan aktor film. Nong Tum gabung dengan kamp tinju untuk menyokongkeuangan keluarga dan menabung untuk operasi ganti kelamin. Kisah Nong Tum bisa dilihat dalam film Beautiful Boxer (2003). Dalam film itu Nong Tum diperankan oleh Asanee Suwan, aktor cowok tulen yang berparas manis. Nong Toom sendiri diberi peran penting dalam film laga Mercury Man (2006), dan sering muncul dalam berbagai talk-show televisi di beberapa belahan dunia. Kisah hidup Nong Tum sebagai kathoey juga menjadi bagian penting dalam buku laris  Ladyboys: The Secret World of Thailand’s Third Gender oleh Maverick House Publishers.

13051897671715915257 

Ngomong-ngomong, bintang video clipnya Ungu yang paling baru 'Dia Atau Diriku' katanya kathoey.. Dikabarkan kathoey yang terdapat dalam Video Clip tersebut bernama Wirittorn Narapatarapimol atau dikenal dengan nama Nong Belle, yang merupakan Runner up Miss Tiffanny 2009. Hey! Pasha ngerangkul2 ni kathoey lhoh.. Hehehehey..

Gimana menurut lo melihat fenomena transgender ini? Gw harap lo pada juga sependapat dengan gw : mereka juga adalah mahkluk Tuhan. Mereka nggak pernah bisa milih ketika dilahirkan. Mereka bisa menjalani perannya dengan baik dan terhormat asalkan kita-kita yang ‘normal’ ini memberi mereka keleluasaan, pengertian, kesetiakawanan sebagai sesama makhluk hidup.

Sawadi kha…….ude yeee…….” (*kathoey mode on*)
Salam tengil#Siamang

8 komentar:

  1. iya yachh...seharusnya mereka dikasihani bukan malah dukucilkan...aku juga suka kasihan klo lihat bencong2 dijalanan...sesungguhnya bukan kemauan mrk seperti itu...tp takdir berkata lain....pastinya mrk juga pengen dilahirkan normal seperti kita...tp apa daya krna kelainan hormon menyebabkan mrk sprti itu...

    btw beneran yg di video klipnya ungu itu kathoey? pengen liat ah videonya...jd penasaran heheh....

    BalasHapus
  2. yups, cuma gara2 kelebihan hormon wanitanya kakak.. di Indonesia dan kebanyakan negara banci dipandang sebelah mata

    sepertinya iya, soalnya mirip banget sama Runner up Miss Tiffanny 2009 hahaa.. :D

    BalasHapus
  3. itu kelainan hormon, coba deh kalo kita misalnya yg kayak gitu, terus di kucilkan, pasti sakit hati banget deh
    tapi kalo di indonesia bancinya serem, jadi takut duluan dah -__-

    BalasHapus
  4. sepakat Rahad, banci indonesia keliatan garang sih ye?? :D

    BalasHapus
  5. sialan ! , iler gue udah meler pingin jatuh pas ngeliat tuh foto cantik, eh taunya banci! , gue sedot lagi nih iler, dan gue nggak jadi ngiler, ckkc.
    kenalin, gue jinkinjeng :)

    BalasHapus
  6. hahaa.. salam kenal Jin Kinjeng, gw siAmang biasa dipanggil sayang :D

    BalasHapus
  7. kathoey-kathoey ini memang cakep bener yah..tapi lebih cakep si Amang :D

    BalasHapus
  8. aduh, makasih kakak.. (tetep berasa cakep :D)
    yoszca pasti cowo nih,
    biasanya cowo lebih suka yg betina jelek kaya gimana daripada cewe cantik jadi2an hehehe, bener gak nih?

    BalasHapus