Kamis, 29 Desember 2011

Group Idol Vs. Girlband


Tau JKT48 ??
Umm..........
Tau iklan pocari sweat paling baru (rame-rame maen di pante)??

Nah, itu dia JKT48 yang jadi bintang iklannya..

JKT48 adalah grup idola di Indonesia. Ini adalah adik grup AKB48 pertama yang berada di luar Jepang, dan akan berpusat di Jakarta. Pembentukan JKT48 pertama kali diumumkan pada tanggal 11 September 2011 di sebuah acara AKB48 yang diadakan di Makuhari Messe di Prefektur Chiba.
Nah, sejak wacana JKT48 merebak di Indonesia, banyak masyarakat yg lebih terkena dampak 'Hallyu Wave' bertanya-tanya apa itu group idol? dan apa bedanya dengan girlband?

Gw pernah baca komentar-komentar pecinta group idol di youtube, mereka segitu kagak terimanya jikalau Group Idol kesukaan mereka dibilang sama aja sama girlband, kagak ada bedanya dach, sama-sama nyanyi nari gitu.. Tapi setelah gw perhatiin emang ada perbedaan.. keliatan banget malah bedanya.. Nih sekilas perbedaannya:

Penjelasan pertama adalah mengenai Girlband. Girlband itu sendiri merupakan kumpulan (biasanya lebih dari 3 org) org yg bernyanyi dan menari, mrk menelurkan lagu yg akhirnya dinikmati oleh para fansnya. Titik.

Sementara Group Idol adalah wadah bagi para gadis yg ingin menjadi idola, kemampuan mereka (dlm hal ini menyanyi, menari, akting, bertingkah-laku, dll) dilatih, diasah serta dikembangkan sedemikian rupa agar mrk bisa lebih percaya diri dlm dunia hiburan. Tentunya mrk juga nantinya akan tampil menyanyi dan menari serta mengeluarkan lagu2, tapi tidak hanya itu mrk juga akan dipromosikan oleh pihak manajemen agar kelak mrk bisa berdiri sendiri (solo karir, dsb). Bagi mrk yg dianggap sudah 'mampu' mrk akan 'lulus' dari group tsb dan akan digantikan dgn generasi berikutnya (mirip2 akademi deh).

Secara garis besar, Girlband sebelum terjun ke bisnis ini mrk sudah dibentuk dgn sempurna (mulai dr vokal, dance, dll) yg akhirnya di perkenalkan ke umum dlm bentuk yg sudah menjadi format mrk, yg sering kita lihat di GB/BB yg banyak beredar sekarang.

Sedangkan Group Idol, mrk sedari awal ketika belum sempurna sudah di perkenalkan kepada umum, sehingga para fans bisa melihat sendiri perkembangan idola mrk dr yg tadinya ga bisa apa2 & bukan siapa2, sampai nanti mrk menjadi 'sesuatu' di masa depan. Sesuai dgn motto keluarga besar 48, "Tumbuh dan berkembang bersama para penggemar" para fans memberikan semangat serta dorongan utk idolanya.

Duileeeee.... jadi pengen punya group idola.. 
alangkah senangnya dikasih semangat dan dukungan ama fans.. tapi apadaya, ngeliat umur-umur mereka kayaknya (udah bukan kayaknya lagi neh) umur gw enggak masuk #eeaaaaaaaaaa

Salam tengi#siamang

13 komentar:

  1. Ohh... aku malah tau ada grup idola :p hehehe
    jadi perbedaannya hanya di “kematangan”saja kan? soalnya GB juga dilatih akting dan pola tingkah laku mereka juga dilatih.

    BalasHapus
  2. yups kematangan, bener banget dweedy.. :D

    BalasHapus
  3. Gua udah suka duluan bahkan sebelum JKT48 kebentuh muhahaha. Kebawa suka AKB48 nya kali yak.
    Akhirnya Indo punya IdolBand juga. Menyingkirlah Korea, ini saatnya Jepang!!!

    BalasHapus
  4. hehe.. gw jg dari dlu suka jejepangan [L]ain
    Indonesia diserang 'Hallyu Wave' jd ngikut deh, tp ttp pecinta all about Japan :D

    BalasHapus
  5. aku angkat tangan deh kalau yang gini2an~

    BalasHapus
  6. ane suka JKT48 tapi ceweknya aja lagunya kagak :D

    BalasHapus
  7. ouu gt ya bedanya. Aku kira JKT48 tuh semacam girlband jg, tp kok anggotanya banyak bgt, ternyata namanya group idol.. hehe. Eh aku suka AKB48, tp klo JKT48 blm pernah liat sih. Smoga keren jg yak

    BalasHapus
  8. Nurmayanti Zain: hehe, saya enggak nodong lho kakak..

    WahidBlog: hahaa.. jawaban para pria

    covalimawati: aku jg blom pernah liat penampilan JKT48, tau iklan pocari aj :D

    BalasHapus
  9. Gue kirain Girlband tuh yang Band isinya cewe2 smua kayak Scandal, Stereopony, Chatmonchy,dsb. Hoho ^^ Bukan ya???
    Wkwkwkwkwk.. Gue ngga begitu demen penyanyi yg rame2, lebih suka yang sendirian aja kayak YUI. LOL XD

    BalasHapus
  10. Group idol itu juga cewek semua ya sob ??
    salam kenal ..
    kalo sempat singgahi blog saya sob ..
    coment and follow ..
    http://peluru-tajam.blogspot.com/

    BalasHapus
  11. Cizu Chan : klo girlband emang cewe semua kakak, klo cowok boyband.. smpet liat sih ada cowo cewe bikin semacam itu tau namanya apaan

    Tiyo Harwin : yup.. aku follow bro..

    BalasHapus
  12. Nggak.. maksudnya, Band yang isinya cewe. Jadi semuanya pegang alat musik gitu looh.. Bukan ngedance-ngedance.. ^^

    BalasHapus
  13. Cizu Chan: oh.. Kalo di Indonesia kayak she gitu y kakak?? itu namanya tetep band, gak pake embel2 boy/girl :D

    BalasHapus