Kamis, 16 Agustus 2012

Indonesia 67



Gak terasa sob, udah tanggal 16 Agustus. Besok genap 67 tahun Negara Kesatuan Republik Indonesia merdeka dari para penjajah, ayee~

Malam tirakatan..

Apa sih tirakat itu?? Di kamus arti tirakat 1 menahan hawa nafsu (spt berpuasa, berpantang); 2 mengasingkan diri ke tempat yg sunyi (di gunung dsb). tirakatan v melakukan tirakat.
Berhubung bertepatan dengan bulan Ramadhan gw gak perlu tirakatan malem-malem karena tadi kan udah puasa #plak. Intinya gw gak ikut tirakatan di luar, dingin  brrrrrrrrrr..

Lagian malem tirakatan di tempat gw tinggal gak merenung semaleman. Oke lah merenung ketika Pak Ustadz ceramah itupun cuma sebentar intinya dari tahun-ketahun samalah, nasionalisme belum mati, banggalah menjadi bangsa yang sudah merdeka, sejenak mengenang para pendiri bangsa, budayakan semangat gotong royong #apadah. Habis itu lanjut dah tirakatan diisi lomba catur oleh kaum adam sampe pagi pastinya :D

Gw ga ikut tirakatan di luar bukan berarti gw enggak menghargai pahlawan sob. Di rumah juga gw tirakatan nih, orang-orang udah sibuk mengenang pahlawan gw masih sibuk berbingung ria kenapa bisa pendiri-pendiri bangsa ngasih nama negara kita 'Indonesia'??

Jujur, gw masih bingung loh (padahal udah googling) awal mula kata Indonesia ada. Kenapa negara kita harus bernama Indonesia? Apa sih arti Indonesia? Apa -sia pada akhir nama Indonesia seperti Rusia, Andalusia, Kroasia, Malaysia, Tunisia, dll. ???? Terus artinya apaan? *gelantungan*

Masih berbingung-bingung ria dengan -sia diakhir nama Indonesia. Gw coba googling sia, keluarnya banyak banget sob, mulai dari sia-sia tiada arti, sia bahasa sunda kasar sampai sia (Sistem Informasi Akuntansi). LOL.

Hasil googling awal mula nama Indonesia:

Nama Indonesia sendiri untuk pertama kalinya muncul pada tahun 1847 yang disinggung dalam sebuah majalah tahunan yang terbit di Singapura yaitu Journal of the Indian Archipelago and Eastern Asia (JIAEA). Majalah tersebut dikelola oleh James Richardson Logan, seorang sarjana hukum dari Universitas Edinburg, Skotlandia. Pada salah satu artikel dalam majalah JIAEA tersebut, diusulkanlah nama Indunesia dan Melayunesia sebagai pengganti nama Hindia karena penyebutan nama Hindia sering rancu dengan penyebutan nama India. Namun nama Malayunesia pada akhirnya lebih populer dari pada Indunesia karena penduduk di Hindia Belanda masih termasuk dalam rumpun Melayu, selain itu kata Indunesia pada saat itu juga sering digunakan untuk menyebut wilayah Srilanka.
 
Nama Indonesia kembali muncul pada tahun 1884 ketika seorang guru besar etnologi dari Universitas Berlin yang bernama Adolf Bastian menerbitkan buku yang berjudul Indonesien oder die Inseln des Malayischen Archipel (Indonesia atau Pulau-pulau di Kepulauan Melayu) yang memuat tentang hasil penelitiannya ketika berada di Nusantara pada tahun 1864 sampai 1880. Buku karya Adolf Bastian itu pulalah yang mempopulerkan nama Indonesia dikalangan sarjana Belanda.
Pribumi yang mula-mula menggunakan istilah “Indonesia” adalah Suwardi Suryaningrat (Ki Hajar Dewantara). Ketika dibuang ke negeri Belanda tahun 1913 beliau mendirikan sebuah biro pers dengan nama Indonesische Pers-bureau.

Sementara itu di dalam negeri, istilah Indonesia pertama kali digunakan secara politis pada tahun 1908 oleh sebuah organisasi pelajar Indonesia yang ada di Belanda bernama Indonesische Vereeniging (Perhimpunan Indonesia). Istilah indonesia juga digunakan pada saat kongres pemuda II pada tahun 1928 yang mengasilkan poin-poin penting tentang persatuan Indonesia.

Pada masa penjajahan Jepang, istilah Hindia-Belanda yang digunakan pada masa penjajahan Belanda untuk menyebut kepulauan-kepulauan Nusantara diganti dengan nama Indonesia. Lalu pada tanggal 17 Agustus 1945, lahirlah sebuah negara merdeka dengan nama Indonesia yang diproklamasikan oleh Sukarno-Hatta atas nama Bangsa Indonesia.

Masih bingung sih sebetulnya, adakah yang mau menjelaskan dengan bahasa yang lebih sederhana dan dimengerti?? #dasar otak siamang.

Udahan ah, semakin malam otak gw tambah beku aja. Dari pada pendapat gw menyesatkan lulu pada sob, gw sudahi saja. Perbarui terus semangat kemerdekaan kita, 45 sudah lewat 67 tahun lamanya. Merdeka!!

Oiya, tak lupa gw beserta teman-teman mengucapkan:

Dirgahayu Indonesiaku ke-67
Merdeka!! 

Yang besok mau upacara di sekolah jangan sampe kesiangan. Gw juga harus off, jangan sampe telat sampe istana. Bye~

salam tengil#siamang

2 komentar:

  1. sblom thn 08... indonesia disebut dgan negara apa yo??

    BalasHapus
    Balasan
    1. sblom thn 08 indonesia disebut indonesia thn 07 XDD
      jaman kerajaan sih nusantara nyebutnya #kalo ga salah sih o.Oa

      Hapus