Rabu, 29 Agustus 2012

Cita-Cita

 
Cita-cita..
Apa sih cita-citamu??
Kalo anak kecil mah ditanyain cita-cita pasti cari jawaban sehebat-hebatnya, sekeren-kerennya, setinggi-tinggi-tingginya. Dokteeeeeeeeer! Presideeeeeeen! Pilooooooooot! <<bisa terbang, tinggi! Tapi seiring dengan berjalannya waktu cita-cita bisa berubah-rubah sob. Sebagai contoh, temen gw aja dah, sebut saja namanya Fulan..

Waktu SD, dia pingin jadi pilot. Kenapa? gara-gara tiap hari diajak babenya ke bandara. Um.. Babenya menginspirasi sekali.. Usut punya usut ternyata rumahnya deket bandara ya emang tiap hari dia liat pesawat kan? #plak. SMP-SMA, Fulan mulai tau syarat jadi pilot ternyata gak gampang. Berubah deh cita-citanya jadi Guru, terispirasi dari guru-gurunya yang mengajar. Wow,, mulia sekali kan? o.Oa Kuliah, Fulan ambil jurusan Ilmu Perpustakaan. Nah lo? Cita-cita dia sekarang apa coba? Gw gak berani nebak dah XD Fulan yang pandai, sekarang sudah bekerja. Jadi apa? Gw kurang tau. Tapi bicara cita-cita dia bilang "Ngapain bercita-cita, tho sekarang udah selesai kwkkwkwk..." <<kamuflase ketawa KW nih =.="

Errr.. denger atau lebih tepatnya liat tulisan begini ni gw gak demen. Salah besar jika cita-cita berhenti cuma sampai ketika lo dapat kerjaan sob! Sederhana sekali hidup lo, gak ada gairah untuk lebih maju dan maju terus, gampang menyerah, kalo bahasa ilmiahnya lemah syahwat lo #plak XD

Yang bikin gw lebih bingung, semakin tua seseorang, cita-cita kok ya semakin sederhana. Kecil cita-cita tinggi. Remaja mulai pikir-pikir kemampuan dimana? Cita-cita dicocokin sama bakat. Udah dewasa eh cita-cita makin abstrak aja. Pingin berguna bagi nusa dan bangsa lah, bagus! Caranya? Pingin masuk surga lah, gw juga pingin ini, tapi jangan jadikan cita-cita dong, semua makhluk Tuhan pasti mati, enggak banget kan semasa hidup cuma bercita-cita untuk mati. Pingin ngebahagiain orang tua lah, ini cita-cita yang paling absurd kalo menurut gw. Ngebahagiain orang tua kok jadi cita-cita? Ini kan kewajiban. Tiap hari bisa lah kita lakuin ini, nyapu rumah, ngepel, nyuci, lihat kita rajin aja orang tua udah bahagia kok ._.

Contoh gw dong, menyangkut cita-cita sebisa mungkin gw pertahanin dari jaman gw masih ingusan sampai sekarang dan kayaknya bakalan sampai titik darah pengahabisan deh. Bodo amat walau lo pada gak pingin dan gak mau tau, gw mau kasih tau cita-cita gw sob. Cita-cita gw jadi detective! Ayee~

Dari gw masih ingusan emang udah dicekoki buku detective ama kakak-kakak gw. Mulai baca buku detektif anak-anak, Lima Sekawan, Pasukan Mau Tahu, Trio Detektif. Kenal komik Detektif Conan, Detektif Kindaichi dan komik-komik detektif lainnya. Sampai mulai baca Sherlock Holmes, Miss Marple, Tommy and Tuppence, dan favorit gw Hercule Poirot^^. 

Pernah suatu kali gw goyah, gw baca One Piece, gw kepingin jadi bajak laut #plak. Galau dong gw.. Apa gw juga harus seperti kebanyakan orang yang gonta-ganti cita-cita orz. Gw bingung! Dilema antara Bajak laut atau detektif! Setelah gw pikir-pikir, akhirnya gw tetapin gw tetep bercita-cita jadi detektif, yang nyambi jadi bajak laut XD *maksa*

Sejak saat itu, semua buku yang pernah gw baca gw kasih genre detektif. Harry Potter misalnya, menurut gw dia juga detektif, detektif sihir. Ikal Laskar Pelangi, Dr. Langdon, The Alchemist, Ghosh Hunt, Frodo dari bangsa Hobbit, John Smith si Nomor Empat dari planet Lorien, sampai Percy Jackson si anak dewa juga gw anggap detektif. Dan lain-lain yang kelupaan gw tulis!

Kembali ke cita-cita..
Jangan sampai lo pada menyerah sama cita-cita lo sob, lebih gawat lagi, jangan sampai lo gak punya cita-cita. Yang namanya cita-cita harus diperjuangkan. Kesampaian atau enggak itu urusan nanti, yang penting bercita-citalah!

"Sampai mati, manusia harus punya mimpi! Kalaupun tidak terkabul, bagaimanapun itu kan Cuma mimpi" Quote by Nenek Osano - Nenek Hebat dari Saga

Salam tengi#siamang

10 komentar:

  1. sama.. cita-citaku juga sering berubah.

    BalasHapus
  2. Berbagi kata kata motivasi mas broo,
    h dari mereka di atasmu. Nikmati hidup bersama mereka di sampingmu. Jangan remehkan mereka di bawahmu.
    semoga bermanfaat salam kenal dan sukses selalu ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat bermanfaat^^
      salam kenal Trica Jus :D

      Hapus
  3. dengan bermimpi berarti kita masih memiliki harapan...:)

    BalasHapus
  4. Cita-citaku pengin jadi guru dari dulu
    cuma belum kesampean krn tersandung(?) berbagai hal
    tp tetep aq perjuangin kok ^o^
    #aria *eh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat berjuang aria, ganbatte \(^.^)/

      Hapus